25 C
Tebing Tinggi
Monday, June 21, 2021

Bupati Buka Musrenbang RKPD untuk perencanaan 2022.

EMPAT LAWANG-Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, buka langsung Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Empat Lawang tahun 2021 untuk perencanaan tahun 2022.

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Empat Lawang tersebut diberi tema ,” Integrasi Dalam Pemulihan Ekonomi dan Kinerja Kesehatan Untuk Pertumbuhan Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan” Kamis (1/4/2021).

Dalam sambutannya Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad mengatakan, saat ini Pemerintah dihadapkan pada dilema yang besar, di satu sisi dituntut harus melakukan pelayanan publik yang prima. Di sisi lain harus melakukan pengendalian covid-19, tidak hanya sampai disitu, bersamaan dengan tekanan-tekanan yang ada dari sisi penganggaran juga harus menelan pil pahit karena harus dilakukan Refocusing dan pengurangan Dana yang membuat tertatih untuk melakukan pembangunan.

” Maka dari itu pemerintah dituntut untuk jeli dalam melihat peluang, inovasi demi inovasi telah dilakukan, terutama dalam melakukan pelayanan masyarakat. Kami punya prinsip,” Pandemi tidak boleh menjadi alasan untuk tidak melayani,” ungkap Bupati Empat Lawang saat menyampaikan sambutannya.

Ini lanjut Bupati, terbukti Empat Lawang berhasil mendapatkan penghargaan predikat Kabupaten sangat Inovatif dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) pada tahun 2020 yang lalu.

” Dan yang lebih membanggakan lagi ditengah kesulitan yang kita hadapi namun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2020 sebesar 65,25 persen. Ini mengalami peningkatan yang cukup baik dari tahun sebelumnya yaitu 65,10 persen,” jelasnya.

Dirinya sambung Bupati, juga menyampaikan kondis real akibat pandemi covid-19 di Kabupaten Empat Lawang. Bahwa berkaca pada kondisi makro Daerah, dimana pertumbuhan Ekonomi mengalami penurunan yang jauh dari yang direncanakan.

Tahun 2020 dijelaskan orang nomor satu di Empat Lawang ini. Angka pertumbuhan Ekonomi Empat Lawang hanya mencapai 0,09 sangat jauh dari rata-rata pertumbuhan pertahunnya yaitu sebesar 0,6.

” Kemudian tingkat kemiskinan mengalami peningkatan 0,33 persen pada tahun 2020 (yaitu menjadi 12,63 %). Seirama dengan tingkat pengangguran terbuka mengalami peningkatan yaitu sebesar 1,01 persen (tahun 2020 menjadi 3,61 %),” katanya.

Dia menambahkan, berbagai upaya sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, khususnya dalam peningkatan perekonomian dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) (Hum / Kominfo).

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini