25.8 C
Tebing Tinggi
Monday, May 10, 2021

Bupati Empat Lawang Buka Kegiatan Workshop Kepariwisataan 2018

Ajak Berdayakan Masyarakat Dibidang Pariwisata
BUPATI Empat Lawang, H Joncik Muhammad membuka Workshop Kepariwisataan 2018, yang digelar di kawasan wisata Pantai Terusan, Desa Terusan Lama Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Kamis (8/11/2018).
Dalam kegiatan yang mengusung tema “Melalui workshop kepariwiataan, kita tingkatkan peran serta pemuda dan masyarakat, dalam mengembangkan pariwisata menuju Empat Lawang Madani (Makmur, Aman, Damai, Agamis, Nasionalis dan Indah), ini dihadir Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Irene Camelyn Sinaga bersama Kadis Pariwisata Kabupaten Empat Lawang, Mgs A Nawawi bersama sejumlah unsur Forkompimda, OPD dan tamu undanga lain serta para peserta workshop.
Dalam laporannya selaku penyelenggara acara, Kadis Pariwisata Kabupaten Empat Lawang, Mgs A Nawawi mengatakan, tujuan diselenggarakannya acara ini, untuk menghimbau dan merekrut pemuda Empat Lawang untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mengembangkan ataupun mengelolah potensi destinasi wisata yang ada di daerahnya masing-masing, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar lokasi wisata terutama di kalangan pemuda.
“Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari komunitas pemuda utusan 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Empat Lawang dan anggota Forum Kabupaten Empat Lawang,” paparnya.
Sementara itu, dalam sambutannya, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Irene Camelyn Sinaga mengatakan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, sangat tergantung sekali dengan komitmen pemerintah daerah yang salah satunya adalah Kepala Dinas dan perangkatnya.
“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa terdengar oleh kabupten lain sehingga mengaktifkan kembali relawan-relawan budaya dan pariwisata yang ada di daerah. Karena yakinlah, pemerintah tidak akan bisa bekerja sendiri,” harapnya.
Lebih lanjut Irene menyampaikan, dalam melaksanakan pekerjaan, dia meminta agat berkonsentrasilah pada data. Orang yang menguasai data kata dia, akan bisa menguasai dunia. Jadi, lanjut dia, jika bekerja tanpa data, tidak akan tahu arah seperti apa, sebab kajian dan analisa semuanya dari data.
“Selama ini orang melaksanakan promosi tidak pernah menggunakan data market atau data pasar, tetapi saat data ini dipegang oleh orang pariwisata, program dan target akan terlihat lebih terarah. Memang secara langsung dampak darinl kerja pariwisata tidak langsung terlihat nyata, tapi kalau komitmen pemerintah secara continue, maka dampaknya akan terasa untuk masyarakat itu sendiri,” ujarnya.
Dalam arahannya, Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad menyampaikan, di Kabupaten Empat Lawang, banyak potensi-potensi pariwisata, hanya saja pengembangan dan penataannya saja yang belum maksimal. Potensi wisata di Empat Lawang, banyak air terjun yang bagusnya sangat luar biasa dan pasti sangat menarik untuk dikembangkan dan menjadi daya tarik minat wisatawan untuk mengunjungi.
“Seperti air musi ini, di wilayah Empat Lawang adalah hulunya, sungguh ini potensi yang luar biasa. Sekarang sudah ada agenda nasional Musi Triboatton, kalau bisa tahun ini kembali dilaksanakan,” harapnya.
Salah satu visi/misi Bupati Empat Lawang adalah pemberdayaan masyarakat dan salah satu bidangnya adalah pariwisata. “Dengan kita memberdayakan masyarakat dibidang pariwisata, bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan akan meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat dan itu bagian keinginan kami selaku pemerintah daerah,” tandasnya.
(Penulis : Ozi Abdullah)
Upload by Diskominfo Kab. Empat Lawang

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini