25.8 C
Tebing Tinggi
Monday, May 10, 2021

Bupati Himbau Warga Agar Shalat Tarawih di Rumah

EMPAT LAWANG-Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, sudah mengintruksikan para Camat agar melakukan pendekatan kepada seluruh pengurus Masjid di Empat Lawang.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad saat Live Satu Jam Bersama Bupati Empat Lawang di Radio Rakyat Indonesia (RRI) Palembang, Kamis (23/4/2020).

“Saya sudah minta kepada Aparatur kita melalui Camat, saya Instrusikan agar melakukan pendekatan keseluruh Masjid-masjid di Empat Lawang, dan diberikan pengertian bahwa situasi saat ini beribadah tidak mesti di Masjid, cukup di rumah saja Insyaallah pahalanya tidak akan lebih kecil dari pada beribadah di Masjid,” ungkap Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad.

Dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Empat Lawang lanjut Joncik, sudah membuat Fatwa bahwa untuk saat ini lebih besar Mudharatnya, jika shalat sunah Tarawih dilaksanakan di Masjid. Ini sesuai dengan Instruksi Pemerintah, MUI Pusat dan Kementrian Agama.

“Kita berikan pengertian bahwa dengan situasi sekarang lebih baik shalat Tarawih di rumah daripada di Masjid, karena itu membantu Pemkab Empat Lawang dalam rangka pencegahan, memutuskan mata rantai penyebaran Virus Corona,” katanya.

Dijelaskan orang nomor satu di Kabupaten Empat Lawang ini, Pemerintah akan betul-betul melakukan pendekatan kepada masyarakat terutama kepada marbot-marbot Masjid, pengurus Masjid di wilayah Empat Lawang.

“Memang ada beberapa yang merasa sedikit keberatan, tapi kita pelan-pelan berikan pengertian bahwa ini adalah fatwa MUI, siapa lagi yang akan kita jadikan panutan, Ulama dan Umaroh yang sudah bersatu dan dari kementrian Agama juga sudah menyampaikan lebih baik shalat sunah tarawihnya di rumah masing-masing,” jelasnya.

Memang sebagian besar Masjid sudah meniadakan shalat di Masjid dalam artian dilakukan di rumah-masing masing, tapi ada beberapa Masjid yang merasa keberatan, dengan prinsip ibadah dan ketentuan hidup dan mati itu Allah yang menentukan.

“Nah ini akan kita berikan pengertian Insyaallah, untuk teman-teman warga Kabupaten Empat Lawang yang Jamaah Tabligh saya minta untuk memberikan pengertian, bahwa untuk berdakwah disaat situasi sekarang untuk beribadah tidak harus shalat di Masjid, untuk shalat ke Masjid mungkin waktunya selesai wabah Virus Covid-19 ini,” ucapnya.

Dirinya juga kembali menegaskan, jika sudah mengintruksikan kepada Camat untuk segera memberikan himbauan kepada Kades, Lurah, RW, RT dan Kadus, untuk menyampaikan kepada masyarakat agar Shalat sunah Tarawih di rumah saja (Hum / Kominfo).

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini