23.3 C
Tebing Tinggi
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

Bupati Ikut Panen Raya Jagung di Paiker

EMPAT LAWANG-Bupati Empat Lawang H. Joncik Muhammad menghadiri panen raya jagung di Desa Muara Rungga, Kecamatan Pasemah Air Keruh, Kabupaten Empat Lawang, Rabu (15/6/2022).

Panen raya ini juga dihadiri oleh Forkopimda Empat Lawang, Sekda Empat Lawang, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Empat Lawang, Ketua TP-PKK Kabupaten Empat Lawang, dan Sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Empat Lawang.

Plt Kepala Dinas Pertanian Hendra Lezi mengatakan, khusus di Desa Muara Rungga ini, luas lahan jagung ini lebih kurang 240 hektar dengan hasil panen rata-rata 8-12 ton perhektar.

“Awalnya ini lahan persawahan, namun kondisi irigasi rusak akibat bencana banjir bandang. Akhirnya masyarakat berinisiatif melakukan tanam jagung,” kata Hendra Lezi, saat panen raya jagung di Desa Muara Rungga, Rabu (15/6).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian di Kecamatan Paiker, baik secara kualitas maupun kuantitas.

“Tahun 2022 ini, sasaran tanam jagung adalah selaluas 3800 hektar tersebar di 10 Kecamatan,” ujarnya.

Bupati Empat Lawang H. Joncik Muhammad juga berharap tanaman jagung ini dapat meningkatkan produksi pertanian di Kecamatan Paiker. Untuk penjualannya sendiriĀ  akan difokuskan di Pulau Jawa, sebab pangsa pasar penjualan terbesar ada di Pulau Jawa.

Sebenarnya Paiker ini bukan dikenal petani jagung, yang di kenal adalah Kecamatan Muara Pinang. Tapi dikarenakan kondisi irigasi rusak akibat banjir bandang, lahan persawahan tersebut dialih fungsikan menjadi tanaman jagung.

“Tahun 2022 ini panen jagung di Kecamatan Paiker sebesar 1500 ton, sementara di Muara Pinang 1499 ton.” ungkapnya.

Disela-sela panen jagung tersebut, Bupati Empat Lawang juga memberikan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dan bibit padi dan jagung kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Empat Lawang, serta penaburan benih ikan disalah satu sungai yang ada di Kecamatan Paiker (Kominfo).

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini