25.8 C
Tebing Tinggi
Monday, May 10, 2021

Empat Lawang Dapat Bantuan Dua Pojok Baca Dari Pemprof Sumsel

EMPAT LAWANG-Pemerintah Provinsi  Sumatera Selatan, bantu pendirian Dua (2) pojok baca di Kabupaten Empat Lawang, salah satunya berada di Kelurahan Tanjung Kupang, Kecamatan Tebing Tinggi.

Fungsional Pustakawan pada Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel, Mislena SE MM mengatakan, pendirian Pojok Baca di Kelurahan Tanjung Kupang, Kecamatan Tebing Tinggi ini tersebut, merupakan tindak lanjut dari program Gubernur Sumsel, H Herman Deru melalui Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel.

Pojok baca tersebut merupakan satu dari sekian banyak pojok baca program dari Gubernur Sumsel, untuk mendirikan 100 pojok baca di seluruh Kabupaten / Kota.

” Tapi yang diserahkan baru 12 Kabupaten / Kota, termasuk di Kabupaten Empat Lawang ini” kata Mislena disela-sela pendirian Pojok Baca di Kelurahan Tanjung Kupang, Tebing Tinggi, Selasa (8/12/2020).

Pendirian Pojok Baca ini lanjut Mislena akan berlanjut, sampai seluruh kabupaten / kota di Sumsel mendapatkan bantuan Pojok Baca. Sebab ini merupakan janji Gubernur Sumsel. Dan Khusus di Empat Lawang, baru mendapatkan dua titik lokasi Pondok Baca pada tahun 2020 ini.

” Karena memang pada tahun anggaran 2020 ini baru teranggarkan total 20 titik untuk 12 kabupaten/kota. Target kita 100 titik pada tahun ini, karena anggarannya direfocusing makannya kita baru dapat membagikan 20 titik saja untuk 12 kabupaten/kota,” katanya.

Untuk satu Pojok Baca yang didirikan dijelaskan Mislena, ada 457 judul dengan 800 eksemplar buku termasuk satu unit bantuan komputer. Sementara untuk pengelolanya diserahkan kepada kelurahan atau desa yang menerima.

Dan besar kemungkinan pada tahun anggaran berikutnya, bakal ada penambahan pendirian Pojok Baca, karena selain ada program di Dinas Perpustakan Provinsi Sumsel, juga terdapat program di Perpustaakaan Nasional.

” Tahun ini saja pada awalnya kita bakal mendirikan 100 pojok baca, namun karena anggarannya direfocusing, baru ada 20 unit saja,” jelasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Empat Lawang, H Choiri Badri mengungkapkan, Pemkab Empat Lawang menyambut baik dengan adanya pendirian Pojok Baca di Kabupaten Empat Lawang oleh Pemprov Sumsel melalui Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel.

” Untuk penambahan, karena anggaran Kabupaten terbatas, tentu salah satu upaya kita, mengajukan usulan pendirian pojok baca ini ke provinsi. Jika memungkinkan kita juga ajukan usulan ke pemerintah pusat,” kata Choiri.

Dengan adanya pendirian Pojok Baca ini, dirinya akan berusaha meningkatkan minat baca masyarakat, dan menularnya virus-virus literasi di tengah masyarakat di Kabupaten Empat Lawang.

Karena jika seluruh Desa atau Kelurahan sudah ada pojok baca, masyarakat tentu lebih mudah mencari buku karena sudah tersedia di pojok baca (Hum / Kominfo).

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini