26 C
Tebing Tinggi
Monday, June 21, 2021

Pemprov Sumsel-Bengkulu Gelar Rapat Perencanaan Pembangunan Jalan Baru

EMPAT LAWANG-Bappeda Provinsi Sumatera Selatan dan Bappeda Provinsi Bengkulu, gelar rapat lanjutan perencanaan pembangunan jalan yang menghubungkan Kabupaten Empat Lawang dan Kabupaten Seluma, di ruang rapat Madani Setda Empat Lawang, Selasa (21/07/2020).

Hadir juga dalam rapat tersebut, Sekda Empat Lawang H Edison Jaya, Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Sungudi, Perwakilan Bappeda Sumsel, Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu dan sejumlah OPD terkait di lingkungan Pemkab Empat Lawang.

Perwakilan Kepala Bappeda Sumsel Regina mengungkapkan, bahwa ini merupakan tujuan untuk meningkatkan konektivitas, agar Sumatera Selatan bagian barat ini bisa berkembang dengan baik.

“Serta bagaimana kita bisa bekerja sama dengan baik, karena masih ada ikatan batin antara Sumsel dan Bengkulu. Untuk itulah konektivitas sangat penting disini,” ungkap Regina.

Perlu diketahui, ada 4 akses yang menghubungkan Sumsel dan Bengkulu antara lain, OKU Selatan, Empat Lawang, Lubuklinggau dan Tanjung Sakti. Ini memerlukan akses baru antara Kabupaten Seluma dan Kabupaten Empat Lawang, karena sudah ada koneksi antara warga.

“Memang permasalahannya, jalan ini masuk ke hutan, untuk itulah harus ada izin dari Kementrian kehutanan. Nah setelah ini kami akan ke lapangan untuk melihat dimana titik koordinatnya pembangunan jalan ini,” jelasnya.

Sementara Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu Isnan Fajri mengaku, saat ini Provinsi Bengkulu sedang proses pembangunan jalan Tol Bengkulu-Lubuklinggau, yang progresnya sudah 20 persen (20%).

“Pembangunan ruas Tol sepanjang 50 Kilo Meter. Palembang-Bengkulu bisa tembus 5,5 jam, selama ini kita ke Palembang 10 jam. Saat ini Bengkulu juga berencana akan membangun rel kereta api,” ujar Isnan. Lanjut Isnan, Provinsi Bengkulu merupakan Daerah pesisir di Sumatera Selatan bagian Barat yang berbatasan langsung dengan 4 Provinsi besar, yaitu Sumatera Selatan, Lampung, Jambi dan Sumatera Barat.

“Makanya harus ada akses jalan yang baru. Memang tidak akan membuat Bengkulu besar, namun ini akan berdampak dari segi Pariwisata dan Ekonomi, sehingga bisa sejajar dengan Provinsi lain,” ujarnya. (Hum / Kominfo)

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini