29 C
Tebing Tinggi
Friday, October 22, 2021
spot_img

Sekda Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Di Empat Lawang

EMPAT LAWANG-Pj Sekertaris Daerah (Sekda) Empat Lawang H Indra Supawi, pimpin upacara hari Kesaktian Pancasila di lapangan Kantor Bupati Empat Lawang, Jum’at (1/10/2021).

Pada upacara peringatan hari Pancasila tahun ini tidak dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang, termasuk unsur Forum Komunikasi Pimpinan Perangkat Daerah (Forkompimda).

Sebab Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang beserta Forkopimda Empat Lawang, harus mengikuti upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila di monumen Lubang Buaya Jakarta secara Daring.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Empat Lawang, Marwan Efendi mengungkapkan, absennya Forkompimda Empat Lawang, di pelaksanaan upacara di Pemkab ini, lantaran seluruh unsur Forkompimda, harus mengikuti upacara peringatan hari kesaktian Pancasila, di Lubang Buaya Jakarta secara daring.

Sesuai dengan surat edaran dari kementerian lanjut Marwan, tentang tata laksana upacara hari kesaktian Pancasila di Daerah Kabupaten/Kota, pelaksanaan upacara tetap dilaksanakan.

” Namun untuk unsur Forkompinda, diwajibkan mengikuti upacara secara daring di tempat masing-masing. Makanya hari ini, upacara diinspekturi Pj Sekda,” jelasnya.

Dijelaskan Marwan Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad sehari sebelum pelaksanaan upacara, sempat menanyakan ke pihaknya terkait undangan untuk dirinya mengikuti upacara hari kesaktian Pancasila di lapangan upacara Pemkab Empat Lawang ke pihaknya.

Namun karena ada kewajiban bagi kepala daerah untuk mengikuti upacara secara daring, maka pihaknya tidak menyampaikan undangan yang dimaksud ke Bupati Empat Lawang.

” Termasuk juga pak Kajari, Kapolres dan Dandim, memang tidak kita undang di sini, karena mereka harus mengikuti upacara secara daring,” ucapnya.

Sementara Pj Sekda Kabupaten Empat Lawang, H Indera Supawi mengatakan, ideologi Pancasila merupakan ideologi yang paling cocok untuk Bangsa Indonesia. Karena itu, masyarakat Indonesia mesti berterima kasih kepada para pahlawan yang telah mempertahankan Pancasila ini sebagai dasar negara.

“Alhamdulillah, hingga saat ini Pancasila tetap tangguh sebagai dasar Negara kita dan Pancasila ini sudah terbukti mampu menyatukan bangsa kita ini, dan itu sudah diakui masyarakat Internasional,” kata H Indera Supawi kepada wartawan usai menginspekturi upacara.

Terkait ancaman tergesernya nilai-nilai Pancasila di tengah gempuran informasi tanpa batas yang dialami para generasi muda saat ini, menurut dia, perlu kepedulian semua pihak termasuk pemerintah.

” Teknologi saat ini memang luar biasa, di lain sisi ini banyak sisi positifnya, namun tidak dipungkiri ada sisi negatifnya juga. Namun demikian, kembali lagi bagaimana kita menyikapi ini, bagaimana memanfaatkan kemudahan komunikasi ini ke arah yang positif bagi generasi muda dan itu tugas guru, tokoh agama/masyarakat dan tugas pemerintah namun harus ada peran orang tua juga,” ujarnya (Hum/ Kominfo).

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini