27 C
Tebing Tinggi
Saturday, April 17, 2021

Wisata Arum Jeram Dapat Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

EMPAT LAWANG – Sebanyak 30 orang pemandu wisata Arum Jeram, ikut pelatihan Pemandu Arum Jeram (Rafting) di sungai Musi Tebing Tinggi, Sabtu (30/11/2019).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang Mgs Nawawi mengatakan, pelatihan ini bertujuan agar para peserta ini memiliki keahlian dalam mengendalikan perahu. Sebagai pemandu wisata Arum jeram Empat Lawang.

“Pesertanya ada 30 orang, yang melibatkan masyarakat Empat Lawang yang memiki minat arum jeram, dan pelatihan ini dimuali dari tanggal 27 November dan penutupan tanggal 30 November,” ungkap Nawawi.

Kedepan, dengan dilatihnya pemandu wisata Arum jeram ini, diharapkan pada saat ada wisatawan dari luar yang ingin menikmati wisata Arum jeram Empat Lawang tidak perlu mencari pemandu dari luar.

“Arum jeram Empat Lawang ini sudah dikenal sejak tahun 2011 yang lalu waktu Musi Tribotton, tapi kita masih belum punya sarana dan prasarananya, terus organisasi yang menaungi Arum jeram ini kita belum ada. Nah kedepan kita bentuk itu,” jelasnya.

Sementara Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad melalui Asisten II Setda Empat Lawang Rapani, mengapresiasi kegiatan ini dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Empat Lawang di bidang Pariwisata.

“Pemadu Arum jeram ini bukan sekedar sopir perahu, tapi adalah Kapten atau nahkodanya, tugasnya mengintruksikan, posisinya dipaling belakang jadi tidak mudah ini,” ujarnya.

Saat ini sambung Nawawi, wisata Arum jeram sangat diminati wisatawan baik wisatawan Manaca Negara atupun wisatawan lokal.

“Empat Lawang kaya dengam wisata Arum jeram dan ini harus kita jaga, sehingga dapat mendukung program pemerintah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” tungkasnya (Hum/Kominfo).

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini